Rabu, 09 Desember 2009

Usaha Menjadi Dokter Pemegang Pisau

Kemarin tanggal 08 Desember 2009, sudahlah aku menjalani ujian hari pertama seleksi PPDS di UNPAD. Ujian MMPI dan TKBI (Tes Kemampuan Bahasa Inggris) yang tadinya 2 hari menjadi 1 hari, melelahkan sekali dari jam 8 samapai jam 3 dengan jeda 1,5 jam di dzuhur. Karena setelah tanya-tanya ternyata aku pionir di Bedah Umum sebagai Alumni Unjani, so aku ga ada yang bisa tanya tanya dan ternyata Facebook ada fungsinya.

Curhatan hari pertama

1. MMPI. Klo ada yang mau tes MMPI tapi belum pernah ngikutin, COBA DAHULU sebelum jatuh pada hari tes. NAh Ini aku, baru MMPI on the spot. Parahnya, kira kira karakter personality akunya apa ya?. gelo, keras kepala, terlalu motivasi?.. aaaarrrgghh

2. Tes kognitif. Secara ga dibilangin ada tes kognitif, kan MMPI ga pake tes kognitif ya?.. ga pernah dan udah lama ga baca baca ntuh tes kaya begituan mana waktunya cuman 5 menit ada yang 10 menit per seksion. wae lah, klo ampe ga lulus ntaran mah beli buku nya di Gramedia

3. TKBI. alias TEOFL like Test. udah pake sound 2 speaker 1 ruang isi kurang lebigh 50 orang mana lah listening sectionnya kedengeran, mana residennya bilang klo bisa TOEFL nya klo bisa minimal 550. Lah mentok mentok aku hoki cuman 520. teakhir daper 480 malahan. Alamak... Better than nothing lah.. mana ada residen yang tes wawancaranya pake Inggris, secara akunya orang sunda asli.. walah.. cilako duo belas..

Rencana untuk minggu depan,
a. Pelajari Skill Knots dan Stiches.. di uji ma CR dan KOnsulen bo...
b. Pelajari 10 (minimal) Penyakit terbanyak di bedah dari kuliah (minimal juga)
c. Banyak banyak ibadah biar Tawakal, ga keringetan pas wawancara. ga ngeblank waktu ditanya... ampun DJ, matiin lampunya ya..

Doakan aku ya Guys.. aku pengen lulus...

Rabu 16 Desember 2009 post wawancara...
4. Tes Potensi Akademik.. wow 50 soal dalam bhs inggris and guess what, tesnya apalan mati dan semuanya termasuk kedokteran berbasis penelitian. soalnya kaya cholelithiasis terbanyak pada gender, usia dll. keluhan terbanyak pasien apendicitis adalah..... secara pendidikan kedokteran gw masih berbasis dosen jadi gw ga terbiasa ngapalin yang kaya gituan.
5. Wawancara... damn, nilai gw ancur dan dibahas. kayanya ga lulus deh..

Tips Stage 2;
a. Ngapalin ngapalin buat ujian masuknya...
b. modal wawancara adalah jawaban untuk "apa motivasi kamu?".. bilingual ya.. bisi ditanya in english..
c. BAnyak banyak pasrah aja....

sekian.. nanti dikabarin lagi hasilnya.. do'ain aja..

Tidak ada komentar: